RSS

perusahaan dan lingkungan perusahaan (23210895)

18 Okt

Pertemuan ke-2

Pengertian perusahaan

Perusahaan merupakan bagian teknik yang berupa pelaksanaan kegiatan proses produksi dan merupakan alat bagi badan usaha untuk mencari keuntungan.

Dalam menentukan letak/kedudukan, perusahaan mengusahakan untuk memasukan hal-hal yang menguntungkan dan menghindarkan hal-hal yang merugikan bagi perusahaan. Letak/kedudukan suatu perusahaan bisa ditentukan oleh faktor keterikatan pada alam, pemerintah, sejarah dan pertumbuhan ekonomi.

1.      Letak/kedudukan perusahaan yang terikat pada alam.

Ada perusahaan yang karena keadaan harus berada di suatu tempat tertentu. Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan harus terikat pada tempat tambang. Misalnya, pertambangan timah yang berada di pulau Bangka.

2.      Letak/kedudukan perusahaan ditentukan oleh pemerintah.

Pemerintah adalah pihak yang paling bertanggung jawab melindungi masyarakat. Ada beberapa perusahaan yang kegiatannya bisa menggangu kesehatan masyarakat, misalnya asap dari industri yang mengandung gas beracun. Atas dasar berbagai pertimbangan kepentingan masyarakat, kegiatan industri di tempatkan jauh dari pemukiman. Pemerintah ikut andil dalam menentukan letak/kedudukan perusahaan tersebut.

3.      Letak/kedudukan perusahaan berdasarkan sejarah.

Letak/kedudukan perusaan yang susah di cari alasanya mengapa berada di tempat tersebut. Misalnya, adalah kerajinan payung di tasikmalaya. Kedudukan perusahaan di daerah tersebut sudah turun-temurun dan menjadi semacam jaminan mutu karena nama daerah tersebut.

4.      Letak/ Kedudukan perusahaan berdasarkan pertimbangan ekonomi.

Letak/kedudukan perusahaan bedasarkan pertimbangan ekonomi perlu memperhitungkan faktor-faktor seperti ketersediaa tenaga kerja yang murah berkualitas, bahan baku, modal, sumber tenaga seperti listrik, dan tenaga air.

Perusahaan yang didirikan seseorang atau sekelompok orang sebenarnya memilki beberapa tujuan secara umum yaitu:

  • Pencapaian laba maksimum
  • Kelansungan hidup (survival)
  • Pertumbuhan perusahaan (growth)
  • Prestise
  • Kesejahteraan masyarakat
  • Kesejahteraan anggota perusahaan dan sebagainya.

Kalau perusahaan yang berusaha mengkombinasikan berbagai sumber-sumber ekonomi agar terbentuk barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau mencari keuntungan/laba, maka perusahaan sepeti ini di pandang sebagai suatu sistem, karena dalam suatu sistem tersebut dapat di jalankan lebih terperinci lagi dalam aspek penting yanng berhubungan dengan perusahaan maupun yang tidak secara langsung berhubungan dengan perusahaan.

Menurut john supriyanto dan marwan asri, terdapat dua aspek terpenting dalam perusahaan sebagai berikut:

Gambar: Hubungan langsung dan tak langsung dalam sistem peusahaan.

Perusahaan mempunyai fungsi antara lain fungsi komersial, fungsi sosial, dan fungsi pembangunan ekonomi.

v  Fungsi komersial

Secara umum, tujuan perusahaan adalah mencari keuntungan yang optimal, setiap perusahaan harus bisa menghasilkan barang yang berkualitas, harus mampu bersaing sehat dengan para pesaing, memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan.

v  Fungsi sosial

Fungsi sosial berhubungan dengan manfaat perusahaan secara langsung atau tidak langsung terhadap kehidupan masyarakat sekitar perusahaan. Misalnya, dalam penggunaan tenaga kerja, hendaknya perusahaan lebih memprioritaskan tenaga kerja yang berasal dari lingkungan sekitar perusahaan.

v  Fungsi ekonomi nasional

Perusahaan adalah mitra pemerintah dalam pembangunan ekonomi nasional. Banyak peran yang dapat di lakukan badan usaha untuk membantu pemerintah, antara lain dalam peningkatan ekspor. Di lain pihak, pemerintah dapat memungut pajak dari perusahaan tersebut.

Adapun ciri-ciri perusahaan:

§  Memproduksi barang dan jasa

§  Terdapat organisasi

§  Memenuhi kebutuhan konsumen

§  Mencari keuntungan/laba

§  Berbentuk pabrik, bengkel atau unit produksi

Lingkungan perusahaan di bedakan menjadi 2 bagian yaitu lingkungan khusus dan lingkungan umum. Di mana kedudukan lingkungan tersebut dapat terlihat di bawah ini:

Lingkungan khusus maupun lingkungan umum yang mempengaruhi perusahaan sebenarnya bisa di jadikan kesempatan perusahaan untuk mengembangkan perusahaan dan bisa menjadikan tantangan yang ada sebagai semangat dan motivasi untuk memajukan perusahaan.

Pendekatan dalam melihat bisnis maupun lingkungan untuk kepentingan perusahaan dapat di lakukan menggunakan perencanaan, pensurveian, penganalisaan, lalu pengolahan hasil pensurveian. Hasil dari penelitian tersebut dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Sumber :

  • Alam S. Ekonomi , Edisi 2. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1999
  • Widyatmini. Pengantar Bisnis. Jakarta: Penerbit Gunadarma, 1996
  • http:// moebarak.worpress.com
  • http://moebsmart.co.cc
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 18, 2010 in Tugas Kampus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: