RSS

ruang lingkup bisnis (23210895)

18 Okt

Pertemuan ke 1

Beberapa pengertian bisnis menurut para ahli:

  • Mahmud Machfoedz

Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

  • Allan Afuah (2004)

Bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan dengan cara mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang atau jasa yang diinginkan konsumen

  • Glos, Steade dan Lowry (1996)

Bisnis adalah jumlah seluruh kegiatan yang diorganisir oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industry yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standard serta kualitas hidup mereka.

Perbedaan definisi yang di kutip oleh beberapa ahli itu tidak terlalu berbeda, dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan sekolompok manusia dalam mengolah kebutuhan hidupnya menjadi barang konsumsi yang layak konsumsi dan barang tersebut dapat diperjual belikan kepada orang lain.

Bisnis sangatlah diperlukan oleh beberapa negara. Tujuan diadakannya kegiatan bisnis dalam suatu negara adalah:

ü  untuk mensejahterakan warga negaranya,

ü  agar devisa negara bertambah,

ü   hubungan bisnis antar negara pun semakin luas.

Jika suatu negara tidak melakukan kegiatan bisnis maka sama saja negara tersebut menutupi kemajuan dunia kedalam negaranya dan negara tersebut sama saja menjerumuskan warganya kedalam kemiskinan yang berlarut-larut.

Dalam kegiatan bisnis terdapat beberapa macam sistem perekonomian yang di gunakan di beberapa negara, berikut berbagai macam sistem perekonomian:
1.Sistem Perekonomian Kapitalisme, yaitu sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan menjual barang dan sebagainya. Dalam sistem perekonomian kapitalis,semua orang bebas bersaing dalam bisnis untuk memperoleh laba yang sebesar besarnya.
2.Sistem Perekonomian Sosialisme,yaitu sistem perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi, tetapi dngan campur tangan pemerintah.Pemerintah masuk ke dalam perekonomian untuk mengatur tata kehidupan perekonomian negara serta jenis jenis perekonomian yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.

3.Sistem Perekonomian komunisme, adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber2x kegiatan perekonomian.Setiap orang tak boleh memiliki kekayaan pribadi.Sehingga nasib seseorang bisa ditentukan oleh pemerintah.Semua unit bisnis. mulai dari yang kecil hingga yng besar dimiliki oleh pemerintah dengan tujuan Pemerataan Ekonomi dan kebersamaan.
4.Sistem Ekonomi Merkantilisme, yaitu suatu sistem politik ekonomi yang sangat mementingkan perdagangan internasional dengan tujuan memperbanyak aset& modal yang dimiliki negara.
5.Sistem Perekonomian Fasisme, yaitu paham yang mengedepankan bangsa sendiri dan memandang rendah bangsa lain, dengan kata lain, fasisme merupakan sikap rasionalism yang berlebihan

Adapun jenis-jenis sistem pasar:

§  One on One,

Dalam sistem ini seorang penjual, yang merupakan agen/anggota/kontraktor yang mandiri atau lepas, menarik konsumen yang berpotensi di area khusus berdasarkan pendekatan orang ke orang

§  Party Plan,

Pada metode seorang penjual, karyawan lepas atau tetap, bertugas mencari atau menjadi tuan rumah yang mengundang sekelompok orang di rumahnya dalam rangka sales party untuk mendemonstrasikan produk.

§  Multilevel Marketing (MLM) atau System Networking,

Adalah penjualan secara bertingkat dari distributor mandiri yang memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan dalam dua cara. Pertama, penjualan produk langsung ke konsumen. Kedua, distributor bisa menerima potongan harga atas dasar jumlah produk/jasa yang dibeli oleh anggota kelompok bisnis untuk penjualan atau pemakaian, termasuk jumlah penjualan pribadi.

Kesempatan bisnis/usaha dalam kegiatan masyarakat sangatlah banyak jika para pengusaha jeli dalam melihat kesempatan tersebut, maka mereka dapat meraup keuntungan yang tidak bisa di bayangkan. Dapat kita ambil contoh: terdapat 4 kepala keluarga yang tinggal dekat dengan sebuah kampus ternama yang dimana kampus tersebut mempunyai 750 mahasiswa, jika 4 kepala keluarga tersebut jeli dalam melihat peluang usaha tersebut masing-masing dari mereka ada yang dapat membuka usaha warung makan,ada yang membuka usaha fotokopi,ada yang membuka usaha warnet dan yang satu lagi ada yang membuka usaha toko buku.

Kesempatan bisnis sangatlah banyak dan tersebar di mana-mana. Hanya saja kita harus jeli dalam melihat peluang tersebut.

Dalam aktivitas ekonomi terdapat unsur-unsur utama diantaranya adalah:

o   Penjual

o   Pembeli

o   Interaksi / hubungan

o   Produk yang di perjual belikan

o   Media komunikasi

o   Tempat

Mempelajari ilmu bisnis sangatlah penting di jaman yang sangat modern ini. Kegiatan bisnis memberikan kita pengalaman yang baru. Dalam mempelajari bisnis kita dituntut harus berpikir cerdas,inovatif dalam menjalankan bisnis, tidak hanya hal itu saja yang menjadi landasan untuk belajar bisnis karena dalam mempelajari bisnis yang sangatlah penting jika kita mengingat pengalaman-pengalaman yang terdahulu agar kita tidak terjerumus dalam masalah yang sama, karena dijaman yang semakin modern ini negara Indonesia telah melakukan perdangan bebas sehingga kita harus benar-benar bersaing dengan pengusaha luar negeri di dalam negara kita sendiri.

Sumber   :

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Oktober 18, 2010 in Tugas Kampus

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: